Bimastyaji Surya Ramadan's

Portfolio

Teknik dasar dalam Menangani Manusia

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr. Wb.
Semangad pagiii!!!

komunikasi adalah satu kata yang sangat penting dalam membangun hubungan antar sesama manusia. komunikasi yang salah bisa menimbulkan pertikaian karena adanya salah interpretasi makna. nah, dari sini bima bakal kasih sedikit informasi yang bima terima dalam buku "bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain (how to win friends and influence people)"karya dale carnegie, seorang psikolog terkenal pada abad 20.

buku best seller ini telah menginspirasi bima untuk menjadi lebih baik terutama dalam membina hubungan dengan orang lain. why??? ya, buku ini memuat kisah kisah para pembesar dunia dalam berkomunikasi dengan orang lain. buku ini tidak akan bisa dipahami dengan membaca sekali saja tetapi harus diulang dan dipraktekkan.

pada dasarnya, dalam membina hubungan dengan manusia, ada 3 teknik dasar:

1. Jangan menkritik, mencerca atau mengeluh
2. Berilah penghargaan secara jujur dan tulus
3. Bangkitkan minat dalam diri orang lain

sedikit penjelasan aja ya, untuk poin 1, 'Jangan mengkritik, mencerca atau mengeluh', sebenarnya sering banget kita lakuin dalam kehidupan sehari-hari. ketika kita mengkritik orang lain, dia pasti akan senantiasa mempertahankan hak/ argumennya dan pada akhirnya akan menjadi debat kusir yang tiada akhir. yang diharapkan seseorang ketika mendapatka masalah adalah saran yang membangun dan mendukung argumennya. bukan malah semakin menghancurkannya. manusia sangat menyukai sesamanya yang sesuai dengan pikirannya.

keluhan hanya akan menjadikan lawan bicara semakin terpuruk dalam kesedihan. keluhan juga membuat rasa pesimis menghantui seseorang yang sedang dalam kepercayaan diri. parahnya lagi, seseorang bisa menjadi lemah karena keluhan.

poin 2, 'Berilah penghargaan secara jujur dan tulus', manusia memiliki satu kebutuhan yang lebih utama daripada mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan makanan yang cukup: kebutuhan untuk dihargai dan memperoleh perasaan penting. salah satu contohnya adalah ketika teman kita memiliki ide, jika ide itu bertolak belakang dengan keinginan kita dan kita menolaknya mentah-mentah, sudah dapat dipastikan teman kita itu akan semakin menjauh dan unrespect terhadap kita. Berbeda jika kita malah membangkitkan antusiasme dan mendukungnya, dia akan menjadi kawan terbaik dan percaya pada kita. penerimaan terhadap ide seseorang adalah sebuah penghargaan bagi orang tersebut.

poin 3, 'Bangkitkan minat dalam diri orang lain', ini sangat berkaitan dengan analogi yang bima paparkan pada poin ke 2, ketika kita bisa menerima ide orang lain, orang tersebut akan semakin berminat terhadap idenya dan antusias untuk mengerjakan idenya tersebut.

semua kembali kepada orangnya, bagaimana menangkap maksud dan melaksanakannya. semoga bermanfaat.

mungkin dari bima cukup sekian, kalo ada salahnya bima mohon bantuannya dari pembaca untuk memberikan saran dan ralat.
maturnuhhuuunn
wassalamualaikum wr. wb


artikel terkait:

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment