Bimastyaji Surya Ramadan's

Portfolio

Lomba Beat Blog Writing Contest – Green Your Mind

2 comments

Mungkin terdengar absurd ketika melihat orang lain membahas mengenai alam dan lingkungan yang mulai rusak serta penanganannya sedangkan saya menulis artikel tentang Tempat Pembuangan Akhir di Lomba Beat Blog Writing Contest – Green Your Mind. Motivasi saya untuk membahas permasalahan TPA adalah karena TPA merupakan salah satu aspek lingkungan yang perlu mendapatkan perhatian khusus terkait dengan perannya sebagai tempat rantai terakhir dari sisa aktivitas manusia/makhluk hidup lainnya yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Selain itu, konsep pengolahan sisa aktivitas makhluk hidup/ sampah yang tidak baik memiliki andil yang besar terhadap kerusakan lingkungan yang menyebabkan global warming.

Kepadatan populasi manusia dan tingkat perkembangan teknologi memberikan kontribusi besar dalam peningkatan jumlah buangan secara kuantitatif. Terkait dengan hal ini, Penanganan sampah menjadi suatu masalah yang perlu mendapatkan perhatian khusus karena hasil dari pembusukan sampah menghasilkan gas-gas rumah kaca.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah populasi manusia yang terbesar. Selain itu, indonesia merupakan salah satu negara tropis di dunia yang menyebabkan penanganan sampah menjadi salah satu aspek penting yang perlu mendapat perhatian secara khusus. Akan tetapi, kenyataannya adalah Tempat Pembuangan Akhir sebagai pusat pengolahan sampah terbesar ternyata hanya beberapa saja yang layak untuk digunakan.

Dari berbagai referensi dan survei yang saya dapatkan, dari tahun ke tahun sampah di Tempat Pembuangan Akhir di berbagai kota di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Tetapi peningkatan ini tidak didukung oleh peningkatan infrastruktur yang memadai. Pengelolaan TPA dengan terbatasnya uang adalah masalah klasik yang selalu menjadi alasan mengapa pengelolaan TPA di Indonesia tidak memenuhi syarat. Padahal, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, TPA memegang peranan yang besar terhadap kerusakan lingkungan, dan perlu saya tegaskan lagi, MEMEGANG PERANAN YANG BESAR terhadap kerusakan lingkungan.

Ketika saya melakukan survei ke beberapa TPA di Jawa Tengah, saya melihat kondisi yang memprihatinkan. Dari pengolahan air lindi (air sisa dari sampah), sosial ekonomi masyarakat, kondisi alam hingga cara penanganan sampahnya terlihat sangat memprihatinkan. Saya memang tidak bisa berbuat banyak untuk mengembangkan apalagi mengelola tempat pembuangan akhir, tapi sebagai orang yang berharap agar lingkungan tidak rusak ketika melihat pemandangan semacam itu merasa prihatin dan berharap pihak-pihak yang berwenang mampu menyelesaikan masalah ini. Saya tidak bermaksud untuk mempersalahkan pemerintah ataupun pihak-pihak yang terkait, tapi harapan saya, ada perhatian khusus terhadap masalah ini. Tentu kita tidak ingin global warming terjadi lebih cepat dari perkiraan.

Solusi terbaik dari semua masalah lingkungan termasuk masalah sampah ini adalah kontribusi dan partisipasi aktif dari semua pihak termasuk diri kita sendiri. Green Your Mind adalah slogan yang tepat yang mencerminkan solusi dari segala masalah lingkungan yang ada. Kita memang tidak mampu mencegah terjadinya global warming, tapi setidaknya kita bisa membuat alam ini lebih baik untuk dihuni. Langkah nyata dari ‘Green Your Mind’ ini adalah memulai untuk fokus memberikan perlindungan terhadap lingkungan serta merencanakan dan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti kerja bakti, penanaman pohon, hemat air dan sebagainya.

Semoga Artikel diatas bisa menginspirasi saya pribadi dan sahabat pembaca semua.. ^^
Terimakasih sudah berkunjung.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments:

  1. wah blognya bagus mas!
    tulisannya inspiratif!
    senang bisa brkunjung ke sini!
    :)

    ReplyDelete
  2. emang parah pengelolaan sampah di Indonesia....:nohope

    ReplyDelete